BERSINERGI DAN BERKOLABORASI LANJUT KE MEMORANDUM OF AGREEMENT(MoA) FAKULTAS SYARIAH UIN DATOKARAMA PALU DENGAN FAKULTAS SYARIAH IAIN PALOPO

Setibanya di UIN Datokarama Palu Fakultas Syariah pada Senin, 06 Maret 2023, Dekan Fakultas Syariah IAIN Palopo, Dr.Mustakim, M.H.I. yang didampingi oleh Wakil Dekan 1 dan Ketua Jurusan Hukum Ekonomi Syariah disambut langsung oleh Dekan Fakultas Syariah, Dr. Ubay, M.S.I. bersama para Wakilnya di ruang kerja Dekan. Keduanya bersepakat melanjutkan kerjasama (MoU) yang telah dibangun pejabat sebelumnya, yaitu Dr. Gani Jumat, M.Ag. Maksud dan tujuan kerjasama ini adalah ingin mempermudah kolaborasi dalam bidang Tri Darma Perguruan Tinggi. Diantaranya adalah dalam implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sebagai sarana peningkatan SDM, baik mahasiswa maupun dosen kedua Perguruan Tinggi Keagamaan Isalam Negeri tersebut.

Sebelumnya, kedua Dekan ini terlah bertemu pada kegiatan Forum Dekan Fakultas Syariah se Indonesia yang dilaksanakan di IAIN Kendari. Kegiatan dengan fokus membahas rumusan implementasi MBKM di Fakultas Syariah. Untuk mematangkan hal tersebut maka dibuatlah “Memorandum of Agreement (MoA) sebagai dasar pelaksanaan di lapangan antara kedua bela pihak. Didalam pidato sambutan, kedua pihak menyepakati beberapa hal penting. Pertama, Ingin mewujudkan dengan segera tuntutan MBKM melalui pertukaran mahasiswa dalam pelaksanaan perkuliahan pada sejumlah mata kuliah. Kedua, bekerjasama dalam bidang penelitian.

Kedua Dekan juga menyampaikan hal-hal baru sebagai upaya pengembangan fakultas di masa depan. Fakultas Syariah UIN Datokarama Palu akan membuka Kelas Unggulan. Sementara itu, Fakultas Syariah IAIN Palopo akan membuka Prodi Ilmu Falaq. Keduanya juga bersepakat akan terus berkolaborasi dan bekerja sama dalam bidang-bidang lainnya untuk menuju fakultas yang unggul sehingga dijadikan rujukan dan pilihan masyarakat. (SM/Humas)