RAPAT KERJA FAKULTAS SYARIAH UIN DATOKARAMA PALU TAHUN 2024

Humas Fasya
Rapat Kerja Fakultas Syariah UIN Datokarama Palu

Palu (5/02/2024) Fakultas Syariah (Fasya) menggelar Rapat Kerja di awal bulan Februari tahun 2024 bertempat di Ruang Visitasi, Fakultas Syariah. Kegiatan ini melibatkan Dekan, para Wakil Dekan, Kepala Bagian TU, Ketua dan Sekretaris Program Studi, Perwakilan Dosen, Pejabat Fungsional, Para Tendik dan Perwakilan Mahasiswa di lingkungan Fakultas Syariah. Tujuan dilaksanakannya kegiatan Rapat Kerja (Raker) Fakultas yakni untuk bersama-sama merencanakan pelaksanaan program kerja pada tahun 2024 sesuai dengan pagu anggaran dan sekaligus membuat rencana program kegiatan untuk Tahun Anggaran 2025.

Sebagai pengarah kegiatan Wakil Dekan II, Drs. Ahmad Syafi’i, MH. dan dibuka langsung oleh Dekan Fasya, Dr. H. Muhammad Syarif Lc., M.Th.I. Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan beberapa hal penting sesuai dengan tugas dan fungsi (tusi) masing-masing di fakultas. Diantara yang ditekankan oleh Dekan adalah: satu, keinginan dan harapan harus dituangkan dalam usulan program kerja Fakultas Syariah; dua, diwujudkan dalam bentuk perencanaan yang realistis, tiga apa yang direncanakan dapat dilaksanaan secara terukur, sistematis, dan tuntas sesuai dengan kemampuan; dan yang ke empat, program kerja punya tujuan yang jelas yaitu mengacu pada visi dan misi serta renstra Fakultas Syariah sebagai perwujudan dari visi, misi, dan tujuan universitas.

Dalam menyusun program kerja ini peserta rapat dibagi dalam tiga komisi yakni, komisi akademik, anggaran dan kemahasiswaan. Ketiga komisi tersebut menyusun program kerja sesuai dengan bagian dan tusi masing-masing dan mencerminkan visi UIN Datokarama Palu. Diantara yang penting dimasukkan dalam program kegiatan yang terkait dengan entrepreneurship sebagaimana pesan Rektor yang menginginkan alumninya siap kerja, bahkan jika bisa membuka lapangan pekerjaan.

Ada hal penting yang hampir luput dari perhatian kita yaitu penghargaan atas prestasi mahasiswa. Dalam hal ini, dosen senior Dr. M. Taufan B., SH., M.Ag. (Wakil Dekan I Periode 2021-2023) menyarankan agar ada penghargaan dari lembaga sebagai apresiasi atas prestasi mahasiswa yang mana sudah membawa nama baik lembaga (Humas/SM).